Website ini dikelola oleh Marketing Staff PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Cara Investasi Saham Bagi Pemula Agar Tetap Untung

Cara-Bermain-Saham-untuk-Pemula
Cara Investasi Saham Bagi Pemula Agar Tetap Untung

Cara main saham tidak hanya dengan membeli saham yang bagus-bagus saja. Ada banyak strategi cara investasi saham yang bisa kamu ikuti agar tetap untung.

Setelah mengetahui tentang apa itu saham, keuntungan dan kerugiannya, kamu bisa langsung untuk melakukan investasi saham. Cara investasi saham juga sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa pun bahkan kapan pun kamu memiliki jaringan internet, kamu dapat melakukan investasi saham.

Cara berinvestasi saham yang paling utama adalah kamu sudah mengetahui tujuan utama apa yang akan kamu lakukan dalam mengelola saham. Apakah kamu ingin melakukan investasi jangka panjang atau jangka pendek?

Setelah mengetahui tujuan tersebut, sekarang kamu bisa tau cara membeli saham agar tetap untung.

Yuk, cari tahu beberapa cara investasi saham agar tidak rugi melulu.

bismillah

7 Cara Investasi saham untuk pemula agar tetap untung

1. Pahami tentang investasi saham secara detail

Cara investasi saham yang pertama adalah anda wajib tahu tentang ilmu investasi saham, karena kenyataannya dalam dunia investasi terutama saham akan memiliki banyak istilah teknis yang cukup sulit.

Yang paling utama adalah anda perlu tahu apa itu investasi saham yang sebenarnya yaitu sebuah instrumen pasar keuangan yang berupa tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Perlu diketahui juga cara investasi saham yang benar adalah mengetahui berbagai jenis saham dan memilih investasi saham yang sesuai. Ada tiga cara memilih investasi saham yaitu berinvestasi dalam saham individu, saham bursa efek, dan saham reksadana.

2. Memilih posisi trader atau investor

Untuk cara bermain saham selanjutnya adalah kamu harus menentukan untuk menjadi trader atau investor. Jika, kamu ingin melakukan investasi jangka panjang dan mengambil keuntungan di waktu yang cukup lama maka pilih menjadi investor.

Sedangkan, apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan dari investasi jangka pendek atau hanya memiliki selisih harga jual dikurangi harga beli, maka kamu bisa menjadi trader.

Tentunya menentukan posisi ini harus dilakukan secara hati-hati dan melihat dari segala sisi, agar tidak mendapatkan risiko yang terlalu berat.

3. Membeli saham saat harga turun

Anda bisa membeli saham saat harganya turun, karena saham yang mengalami harga turun bisa meningkat di periode berikutnya. Sehingga, anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Namun, saat harga saham perusahaan tersebut turun, kamu tetap harus melihat situasinya dan memiliki asumsi apakah saham tersebut nantinya akan naik atau malah akan membahayakan anda. Cara investasi saham untuk pemula juga jangan memberikan semua modal yang anda miliki untuk harga saham yang turun, karena jika anda tidak hati-hati hal ini bisa berisiko.

4. Diversifikasi saham

Cara investasi saham selanjutnya adalah diversifikasi saham. Apa itu diversifikasi saham? Yaitu sebuah teknik dalam investasi untuk mengelompokkan dan memilih saham yang memiliki risiko kerugian kecil yaitu saham di bidang sektor perbankan, good consumer, atau juga properti.

5. Gunakan uang dingin

Untuk anda yang masih pemula untuk melakukan investasi saham, cara investasi saham ini adalah salah satu cara yang penting yang harus kamu ikuti. Untuk melakukan investasi di tahap awal, kamu harus menggunakan uang dingin atau uang yang memang sudah dipisahkan dari keperluan harian kamu.

Biasanya uang dingin ini sebagai bonus dan jarang digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Uang dingin juga sering disebut sebagai dana menganggur. Adapun, alasan kamu harus menggunakan uang dingin terutama bagi kamu yang ingin trading adalah karena saham itu pergerakannya naik turun. Sehingga, jika saham yang anda kelola turun, dana untuk kehidupan sehari-hari tidak terganggu.

6. Hindari Hutang

Jangan sampai terlena untuk melakukan investasi ketika modal yang kamu miliki tidak terlalu besar dan beralih untuk berhutang agar bisa bermain saham, karena saham itu adalah investasi jangka panjang dan saham digunakan untuk mendapatkan keuntungan maksimal di masa yang akan datang agar finansial anda juga meningkat.

Jika, anda berhutang untuk melakukan investasi saham, maka itu menjadi risiko yang cukup berat, keuntungan saham nantinya akan digunakan untuk membayar hutang dan investasi saham menjadi sia-sia.

7. Pilih Saham dengan Indeks IDX30 dan LQ45

Dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) terdapat indeks saham yang berguna sebagai ukuran statik perubahan gerak shaam yang dikelompokan dengan kriteria tertentu. Untuk anda yang masih baru mengetahui cara main saham dan ingin bermain aman sebaiknya memilih saham di indeks IDX30 dan LQ45.

Adapun, indeks kedua saham tersebut adalah saham yang memiliki fundamental perusahaan yang baik dan memiliki likuiditas yang cukup tinggi. Biasanya saham di indeks tersebut juga memiliki unggulan yang cukup tinggi atau disebut blue chip.

Itulah 7 cara bermain saham bagi pemula agar terus tetap untung. Jika  anda masih belum mengerti cara bermain saham, silakan hubungi kami di 0812 9307 0155

Untuk anda yang belum memiliki akun Neo HOTS dan NAVI Mirae Asset Sekuritas dapat terlebih dahulu buka akun melalui link berikut : KLIK DISINI.

 

TERIMA KASIH BANYAK SEMOGA CUAN BANYAK  !!!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Staff MarketingAwang Wahyu Wijanarko
0812 9307 0155
awangwahyu46@yahoo.com
awang.wijanarko@miraeasset.com
Alamat
https://www.bukasaham.com/storage/2019/03/img-footer-map.png
Ruko Surya Inti Permata III Blok B5
Jl. Kombes Pol. Moh. Duryat No.14-16
Tegalsari - Surabaya
Get in touchMirae Asset Social links

Copyright by Buka Saham. All rights reserved.

Copyright by Buka Saham. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Staff Marketing PT. Mirae Asset Sekuritas
Hi...Saya Awang Wahyu Wijanarko